Bagi pemilik hyper underbone Suzuki
Satria FU150 yang ogah tampil standar, modifikasi simpel bisa jadi
solusi. Gak perlu ribet-ribet! Cukup modif sederhana dan mengandalkan
part aksesori PnP alias plug and play.
Apalagi part aksesori khusus buat FU membludak di pasaran, jadi mudah mencarinya. Sedikit sentuhan di bagian kaki-kaki dan bodi serta mengaplikasi aksesori PnP, tongkrongan FU dijamin beda dari yang lain.
Apalagi part aksesori khusus buat FU membludak di pasaran, jadi mudah mencarinya. Sedikit sentuhan di bagian kaki-kaki dan bodi serta mengaplikasi aksesori PnP, tongkrongan FU dijamin beda dari yang lain.
“Utamanya adopsi aksesori. Sebab buat
tampilan, hal itu paling berpengaruh,”.
Aksesori racing style (RS) yang paling jadi favorit yakni setang model
racing dan footstep underbone.
Untuk setang pilihannya bervariasi, ada yang posisinya bisa diadjust atau mengandalkan setang bawaan Suzuki Raider (Thailand) yang punya profil lebih pendek. Gunanya? Jelas agar posisi riding lebih merunduk khas motor balap.
Selain itu, aplikasi footstep racing juga gak sulit kok! Dengan posisi kaki yang bergeser ke belakang, riding position dijamin lebih mantap.
Namun begitu, pemasangan kedua peranti itu butuh penyesuaian terhadap sang rider! Buat yang belum terbiasa, posisi yang agak merunduk ditambah pijakan kaki yang mundur tadi, bisa membuat rider merasakan pegal di bagian lengan dan bahu. So walau sifatnya hanya sementara yang akan hilang jika sudah terbiasa, buat yang gak fanatik RC, pikir dua kali deh!
Lanjut! Selain peranti tadi, bagian
kaki-kaki juga gak kalah penting. Pilihannya dari mengaplikasi pelek
jari-jari sampai up-grade bagian sokbreker. Dengan sumbu roda yang agak
panjang untuk ukuran motor bebek yakni 1.280 mm, jelas butuh peranti
pendukung.
So, gak percuma rasanya kalau performa suspensi standar ikut diup-grade. Selain membuat bagian suspensi tampil beda, handling FU juga ikut terdongkrak. Yang pasti, rebound sok harus menyesuaikan bobot rider. Makin berat sang rider, menuntut rebound sok yang agak keras, begitupun sebaliknya.
Lanjut ke bagian akhir, yakni bodi. Di sektor ini ada beberapa cara bisa diaplikasi agar tampilan FU tambah eye catcing, di antaranya mengaplikasi bodi Suzuki Satria FU Thailand alias Suzuki Raider.
Dengan tampilan cover side leg yang mungil, mesin tegak FU jadi semakin jelas terlihat. Masalah dudukan bodi gak perlu khawatir. Sebab walau bentuknya lebih ramping dan simpel, namun semua posisi baut sama persis.
Mau tetap mengandalkan bodi standar? Boleh aja, tinggal bermain cutting sticker. “Selain lebih murah dari teknik airbrush, kalau bosan bisa gonta-ganti motif,” tutup Dedy dari Nine Works Graphic yang buka gerai di daerah Pondok Pinang, Jaksel ini.
So, gak percuma rasanya kalau performa suspensi standar ikut diup-grade. Selain membuat bagian suspensi tampil beda, handling FU juga ikut terdongkrak. Yang pasti, rebound sok harus menyesuaikan bobot rider. Makin berat sang rider, menuntut rebound sok yang agak keras, begitupun sebaliknya.
Lanjut ke bagian akhir, yakni bodi. Di sektor ini ada beberapa cara bisa diaplikasi agar tampilan FU tambah eye catcing, di antaranya mengaplikasi bodi Suzuki Satria FU Thailand alias Suzuki Raider.
Dengan tampilan cover side leg yang mungil, mesin tegak FU jadi semakin jelas terlihat. Masalah dudukan bodi gak perlu khawatir. Sebab walau bentuknya lebih ramping dan simpel, namun semua posisi baut sama persis.
Mau tetap mengandalkan bodi standar? Boleh aja, tinggal bermain cutting sticker. “Selain lebih murah dari teknik airbrush, kalau bosan bisa gonta-ganti motif,” tutup Dedy dari Nine Works Graphic yang buka gerai di daerah Pondok Pinang, Jaksel ini.
Part | Merek | Harga |
Aksesoris | ||
Setang | aftermarket Thailan | 300 ribu |
orisinal Suzuki Rider | 600 ribu | |
setang adjustable | 750 ribu | |
posh | 250 ribu | |
Footstep | NUI Racing | 650 ribu |
Yoshimura | 370 - 475 ribu | |
Pro | 350 ribu | |
Gas spontan | orisinal TZM | 130 - 280 ribu |
Headlamp | Tipe smoke | 150 ribu |
Bodi | ||
Cutting sticker | Nine Works Graphic | 400 - 800 ribu |
COver side leg dan Cowling | Thailand | 275 - 475 ribu |
Under tail cover | Lokal | 400 ribu |
Striping | Decal Studio | 150 - 275 ribu |
Kaki-Kaki | ||
Sokbreker belakang | YSS | 450 - 4,5 juta |
KTC | 1,4 juta | |
Kitaco | 1,3 juta | |
Sok Upside down | aftermarket | 2 - 3 juta |
Tromol depan model Kawasaki Ninja | Ride it | 250 ribu |
Tidak ada komentar :
Posting Komentar