Atasi Keluhan Pada Satria FU

SFEC_029 AndyBanyak sekali pengguna Satria F150 yang mengeluh tentang mesin yang cepat panas. Sistem pendinginan Satria F150 (SACS) memang sangat bergantung pada adanya aliran udara yang masuk melalui sirip sirip oil cooler, aliran udara ini kemudian digunakan untuk 'mendinginkan' oli yang disirkulasi melalui jalur Oil Cooler.


Meskipun demikian anda tidak perlu khawatir, jarang sekali terjadi Overheat pada motor jenis ini. Tapi sengatan hawa panas ini memang mengganggu kenyamanan berkendara. Terkait keluhan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membantu menjaga suhu mesin supaya tidak terlalu panas:

Oil Cooler Suzuki Satria F15
suzuki satria f150

Untuk menjaga kualitas oli, gantilah Oli dan dan Filter Oli secara teratur sesuai anjuran. Setiap merek berbeda-beda, tapi biasanya untuk semi sintetik idealnya setiap 2500km. Filter Oli berfungsi untuk menyaring kotoran/gram yang larut di oli. Ganti filter oli setiap 3x pergantian oli.

Untuk kuantitas oli, cek secara rutin takaran oli didalam mesin melaui kaca intip yang tersedia dibawah kick starter, karena tipe oli encer 10w-40 memang lebih mudah menguap dibanding tipe 20w-50. 

Cover Oil Cooler Suzuki Satria F150 - Foto : Kaskussuzuki satria f150
Sirip oil cooler yang rusak atau kotor dapat mengurangi kemampuan pendinginannya. Sirip ini memang gampang penyok, biasanya karena semprotan air tekanan tinggi saat dicuci dengan steam. Untuk mengurangi resiko penyok, anda juga bisa menggunakan cover / pelindung oil cooler yang banyak dijual di toko aksesoris motor.

Source: http://satria155.com/
7-keluhan-satria-fu-terpopuler-sepanjang-masa-solusinya

Tidak ada komentar :

Posting Komentar